Senin, 29 Oktober 2012

#BerkahKambing: Nggak Usah Takut Makan Masakan Kambing :)

Saya akui, Twitter dan blog adalah media sosial yang paling mumpuni. Setidaknya buat saya. Setidaknya untuk sekarang. Saat berada pada kelompok usia seperti saya, (kelompok 25 tahun ke atas. Mau bilang tua? Silakan. I dont care :)) media sosial bukan lagi sebagai tempat curhat nan galau. Media sosial sudah berfungsi sebagai sumber informasi tercepat dan tentu terpercaya.

Judul yang saya tulis diatas adalah salah satu contohnya. Berkaitan dengan Hari Raya Idul Adha, @kupinang akun Twitter milik M.Fauzil Adhim (penulis buku Kupinang Kau Dengan Hamdalah), kultwit tentang #BerkahKambing. Dari kultwit beliau tersebut, banyak hal yang sama sekali baru saya tau.

Agar ilmu yang baru saya tau tersebut dapat didokumentasikan, saya salin ke blog ini. Kenapa saya salin ke blog? Kenapa nggak di-fav aja kultwitnya? Berhubung 27 Oktober kemaren adalah #HariBloggerNasional, yuk mareeeee ikut meramaikan :D


Sejenak, izinkan saya memposting ulang kultwit tentang barakah kambing. Semoga tak ada kekhawatiran memakan daging kambing. @BerkahKambing 

1. Tidaklah Allah Ta’ala syari’atkan sesuatu kecuali ada kebaikan besar di dalamnya. Tidak pula Nabi perintahkan kecuali kebaikan.

2. Tidak pula kambing disyari’atkan sbg sembelihan qurban & aqiqah kecuali pasti ada kebaikan besar di dalamnya.  

3. Bukankah Nabi saw. telah bersabda? “Peliharalah kambing karena di dalamnya terdapat kebarakahan." (HR. Ibnu Majah).  

4. Janganlah engkau kambing-hitamkan kambing jika engkau sakit, meski kambing itu warna hitam. Tapi periksa caramu mengolah.  

5. Tidak mungkin syari’at menjadi sebab kerusakan & kebinasaan. Maka, bukan penetral yg perlu kau cari, tapi penyebab rusaknya.

6. Periksalah cara mengolah, bumbu yang engkau gunakan dan caramu menikmati hidangan yang seharusnya penuh barakah itu.

7. Sebagaimana sedekah yg berlipat pahalanya itu justru bisa jatuhkan ke neraka jika salah dalam brsedekah, maka perhatikan pula urusan ini.

8. Suka panas? Abu Hurairah ra., “Makanan itu tidak boleh disantap kecuali jika asap makanan yang panas sudah hilang.” (HR. Baihaqi).

9. Syaikh al-Albani mengatakan shahih hadis yang diriwayatkan oleh Imam Baihaqi tsb sebagaimana dinyatakan dalam Irwa’ul Ghalil.  

10. “Dinginkan makanan & minuman kamu sesungguhnya tidak ada kebaikan pada makanan/minuman yang panas. ” (HR. Al-Hakim&Ad-Dailami).

11. Ibnul Qoyyim mengatakan dalam Zadul Ma’ad, “Nabi saw. TIDAK PERNAH menyantap makanan dalam keadaan masih panas.”  

12. Rasulullah saw. bersabda, “Sesungguhnya hal tersebut (menutup roti hingga dingin) lebih besar barakahnya.” (HR. Darimi & Ahmad).  

13. Di antara barakah makanan dingin menurut Imam Nawawi: tidak menyebabkan gangguan dalam tubuh. Masih mau makan kambing panas-panas?

14.Suka sate? Mari kita simak ktk Imam Bukhari meriwayatkan dari Abu Hurairah ra. sebagaimana termaktub dalam At-Targhib Wat-Tarhib.

15. “Pernah Rasulullah Saw mendatangi suatu kaum yang sedang makan daging bakar, mereka ajak beliau makan sama, tapi beliau mneolak & tidak makan.

16. Anas bin Malik ra. berkata, “Rasulullah saw. tidak menyukai makanan bakar & makanan panas.” Beliau bersabda: >>  

17. >>”Makanlah makanan yang dingin sebab makanan dingin itu ada barakahnya. Ingatlah! Makanan panas itu tidak ada barakahnya.”

18. Hadis tersebut terdapat dalam Al-Jami’ush Shaghir. Wah, perlu belajar menahan diri ekstra keras karena sy suka rawon & tom yum panas.

19. Suka sup? Hm..., Imam Ahmad meriwayatkan dari ‘Aisyah ra. bahwa Rasulullah saw memakan sup kaki kambing yang dikirimkan Abu Bakar ra.

20. Apa yang patut kita lakukan saat makan? Kata Imam Nawawi dlm Al-Adzkaar, “Dianjurkan berbicara ketika makan.”  

21. Imam Ahmad berkata, “Makan sambil memuji Allah itu lebih baik daripada makan sambil diam.”  

22. Rasulullah saw. makan sepiring berdua dengan istrinya sembari bercanda. HR. Abu Ya’la, dengan sanad hasan. >>Berdua dengan istri sekarang?

23. Saya tulis ini dengan penuh harap agar tak ada muslimin yang menganggap sunnah sebagai sumber penyakit & kerusakan. Semoga manfaat.

Tunggu sampai asapnya tak mengepul, meski tak dingin betul. RT : jika kondisi daerahnya dingin bagaimana hukumnya pak? 

berdasarkan penelitian dari USDA, daging kambing memiliki lemak jenuh paling rendah dibanding deging sapi dan daging ayam



 


 



    




Tidak ada komentar: