Minggu, 28 Juli 2013

ASI, Sebuah Perjuangan (part 6): ASI Perah Kejar Tayang

Doooooohhh, ini nulis tentang perjalanan ngasih ASI ke Danisa aja judulnya kayak sinetron Tersanjung ditambah Cinta Fitri ya..

Etapi emang beneran. Perjalanan untuk memberi ASI itu emang panjang. Setidaknya buat saya sih. Niat memberi ASI juga menuntun saya untuk belajar lagi. Sampai saat ini pun, masih banyak yang belum saya ketahui tentang seluk beluk per-ASI-an. Saya memberi ASI pada Danisa juga kisahnya nggak sempurna-sempurna amat, nggak se-sukses seperti testimoni di akun @aimi_asi. Tapi semoga itu menjadi penyemangat saya untuk selalu belajar, insyaAllah..

Lanjutan dari tulisan ini, yaaaakkkk petualangan ngASI Danisa berlanjut ke babak baru: emaknya mulai ngantor dan berjuang untuk stok ASI di rumah.

Kalo ngeliat twitpict yang dipamerin emak-emak kantoran di @aimi_asi, mesti bikin iri. Mereka bisa pulang dengan bawa hasil ASI perah (ASIP) sampe beratus-ratus mililiter. Lah saya aja maksimal cuma dapet 200 mililiter di kantor. (Waktu itu) nggak tau deh salahnya dimana. Padahal waktu yang saya habiskan buat merah termasuk lama lho. Sekitar 45 menit cuman bisa dapet maksimal 90 ml.

Mungkin saya tertekan kali ya. Terutama tertekan untuk menghasilkan ASIP yang banyak biar stok di rumah aman. Setelah ngelewatin masa stok ASIP, saya baca twit @ID_AyahASI yang kira-kira pesannya begini:

"Berapapun jumlah hasil perahan, syukuri.."

Saya jadi teringat masa-masa saya harus memenuhi stok ASIP Danisa. Saya kecewa jika hasilnya tidak memenuhi harapan. Kalo saya ingat-ingat lagi, rasanya ada beban tersendiri jika tiba waktunya masa memerah. Beban untuk menghasilkan ASIP yang banyak. Padahal salah satu faktor ASI akan semakin banyak diproduksi jika saya berada dalam posisi tenang/rileks. Salah satu hormon perangsang keluarnya ASI adalah hormon oksitosin. Hormon ini juga dikenal dengan nama hormon cinta atau bahagia. Nah, kondisi stres, depresi, tertekan, atau terbeban seperti yang saya alami tadi justru menghambat keluarnya hormon oksitosin.

Mungkin juga karena saya orang yang cenderung perfeksionis untuk urusan pekerjaan di kantor. Jadi kalo ada pekerjaan yang belum beres, jadi kepikiran. Belum kepikiran mesti menghasilkan stok ASIP yang banyak. Paket double combo kepikiran deh.

Ah, saya nggak mau berandai-andai: andai dulu lebih sabar, lebih rileks, lebih tenang.. Saya anggap semua ini adalah pelajaran.

Btw, saya pernah menghasilkan ASIP sampe 100 ml hanya dalam 10 menit saja. Buat saya, itu adalah suatu pencapaian yang di luar kebiasaaan.Jadi kejadiannya gini. Waktu itu pas jam memerah, kantor kedatangan beberapa tamu. Salah seorang dari tamu itu adalah sesosok pria yang charming. Whooooooaaaa, begitu ketemu sebelum masuk ruang memerah, saya mesem-mesem liat pria charming tadi. Ehhhh, pas berlangsung kegiatan memerah, saya takjub sendiri melihat aliran ASI saya. Tanpa usaha yang keras pun, rasanya ASI saya mau keluar sendiri dengan derasnya.

Hihihihi...

Oh ya, selain itu, kalo ngeliat twitpic tentang stok ASI yang melimpah, alih-alih bikin saya tambah semangat. Ini malah bikin saya sedih dan tambah tertekan. Mereka kok bisa ya, punya stok sebanyak itu? Saya? Kejar tayang banget! Hasil perah hari itu, ya habis bahkan nggak cukup buat besoknya :'(

Gambar kayak gini mengintimidasi banget!


Mungkin karena faktor anak pertama juga, sering banget kepikiran: aduh gimana kalo Danisa kurus, gimana kalo Danisa gagal ASI eksklusif, gimana kalo begini, gimana kalo begitu, and so on and so on. Tapi setelah saya renung-renungkan (halah), lebih tepatnya saya cenderung khawatir dengan pendapat orang lain tentang penampakan fisik Danisa. Yaaaa..tau kan ya gimana perasaan kalo anak kita dibilang 'ih kok kurus sih?'. Tentu kita lebih sumringah kalo komentar orang adalah seperti ini: 'aduuuuhhhh...endutnyaaaaa....' (anaknya ya, bukan emaknya).

Sekarang Danisa makin besar, dan insyaAllah saya terus belajar. Tentang stok ASI perah, seperti twitnya ID_AyahASI dan aimi_asi:

"Perah setiap 2 jam dan syukuri berapapun hasilnya."

Yep. Perjalanan memberi ASI bukan perlombaan. Memberi ASI dan menyusui adalah wujud kasih sayang dan menunaikan amanah memberi yang terbaik untuk anak, titipan dari Yang Maha Pengasih dan Penyayang.

:')

2 komentar:

Unknown mengatakan...

Jenis breastpump jg lmyn ngaruh ke hasil perah...sy merah 5 menit bs dpt 120-150 ml dg pompa electric..keadaan emosi emg bnr ngaruh. Bikin target satu hari bs dpt 4 botol n ksh susu lgsg cukup pake payudra satux n satux bwt nampung untuk dipompa...cemumud asi;)

Erika Widiastuti mengatakan...

Saya nggak pake breastpump mbak, merah pake tangan. Iyaaaa..cemungudhhh.. ;)