Sabtu, 11 Mei 2013

Melawan Arus (2): Food Combining (part 2)

Setelah di bagian pertama saya bercerita tentang sarapan buah, sekarang saya lanjutin lagi ceritanya. Bagian yang kedua ini tentang "kalo udah selesai masa sarapan buah, trus makan apa?" Seperti yang sudah saya jelaskan sedikit di bagian sebelum ini, Food Combining merupakan salah satu pola makan sehat yang mengikuti dan menyesuaikan dengan sistem dan ritme kerja organ pencernaan. Pagi hari organ pencernaan tidak perlu dibebani dengan asupan yang berat dicerna, maka setelah jam 12 siang, maka organ pencernaan siap untuk mencerna makanan yang 'berat-berat'.

Eeeeeiiitttt..tapi bukan makan sembarang makanan.



Food Combining itu menserasikan padu padan bahan makanan yang kita santap. Jadi nggak sembarang menu lengkap karbohidrat-protein hewani-sayur-buah seperti yang biasa kita kenal. Ada rumusnya. Secara garis besar dalam Food Combining tidak menyarankan menyantap pati dan protein dalam waktu bersamaan.

Kenapa?

Waduh panjang kalo saya diceritakan kembali disini. Mending buka lagi web-nya erikarlebang aja ya. Atau bisa baca buku tentang Food Combining yang ditulis Andang Gunawan. Bukunya Erikar juga, yang judulnya Fakta dan Mitos Kesehatan serta Food Combining itu gampang. Saya dong udah baca semua. *pamer

Awal-awal makan dengan pola Food Combining (FC) ini rasanya beraaaaaaatttttt banget. Kalo sarapan buah nggak terlalu berat rasanya. Malah asik-asik aja. Cuman awal sarapan buah sempet ngerasa pusing. Itu karena saya terlalu bersemangat alias cepet-cepet ngunyah buahnya biar cepet kenyang. Ternyata itu terjadi karena buah yang terlalu cepet dikunyah dan ditelan itu meningkatkan glukosa dalam darah dengan drastis. Jadi ngunyah buahnya nyante-nyante aja coy..

Nah, setelah jam 12 siang ini yang jadi cobaan terberat pas awal mula ikut FC. Mana tahaaaaaannnnn ngeliat lauk protein hewani yang sedap gurih nikmat itu tanpa dinikmati dengan nasi anget? Nyamil lauk protein hewani nggak pake nasi itu rasanya kayak orang yang saling cinta tapi terpaksa berpisah karena perbedaan prinsip. *halah

Emang bisa kenyang makan protein hewani aja nggak pake nasi?

Bisa dong :))

Temen makan protein hewani  yang sesuai adalah sayur-sayuran. Sayuran inilah yang biking kenyang. Tapi, komposisinya harus lebih banyak sayuran daripada protein hewani. Jangan kayak yang sering dihidangkan gitu, sayuran cuma jadi pemanis aja. Sering kan makan penyetan kemanginya cuma beberapa helai, timunnya cuma 1 iris. Sayuran yang lebih banyak berguna sebagai pembentuk basa, mengurangi efek pH yang asam dari protein hewani.

Hah?? Apaan pH basa pH asam??

Haduuuuuhhh..panjang lagi ceritanya. Baca buku-buku yang tadi saya sebutin deh..

Selain itu, harus diperhatikan jarak waktu konsumsi pati dan protein hewani. Protein hewani sifatnya kan lama diuraikan tubuh. Jadi pisahkan antara makan siang dan makan malam. Kalo makan siang udah pake protein hewani, makan malam bisa pake pati. Tapi beberapa waktu lalu, saya sempet baca twit Erikar kalo protein hewani itu selesai diurai sama tubuh kadang butuh waktu sampe 72 jam. Itu kan 3 hari yak berarti. Erikar bilang, jarang-jarang aja konsumsi protein hewani.

Teman-teman yang tahu pola makan yang saya anut ini sering menanyakan:

"Kalo malem, kamu makan juga nggak?"

Pertanyaan klasik seputar diet-diet-an.

Ya makan donggggggg. Ngapain nyiksa diri. Kan waktu tubuh untuk menkonsumsi makanan yang 'berat-berat' sampe jam 8 malam. Abis itu ya nggak makan apa-apa lagi sampe bangun tidur besoknya.

Oh ya, selain padu padan makanan yang sesuai, Erikar juga menyarankan untuk mengkonsumsi sayuran mentah. Sayuran yang dimasak enzimnya sudah rusak. Selain dengan dikonsumsi langsung, sayuran mentah bisa dinikmati dengan cara jus. Saya milih cara yang pertama. Nggak tau, ngebayangin sayur-sayuran itu dijus rasanya udah mau hoek sendiri.

Bayem dimakan mentah dong? Kangkung? Sawi?

Kalo sayuran itu sih mending dimasak aja. Sayuran mentah itu gampangnya liat aja menu lalapan. Ada kubis, selada, wortel, terong bulat, timun, kecambah, daun kemangi, tomat, kacang panjang, dan lain-lain. Sejak rajin stalking twit-nya Erikar saya jadi tau kalo tomat itu termasuk dalam golongan sayuran. Jadi tau juga sayur dan buah yang bisa dijus cuma kombinasi antara wortel dan apel. Baru tau juga kalo alpukat itu bukan buah, saudara-saudara. Alpukat itu tergolong sayuran.

Nyammm..nyammm..krausss..krausss..kriuk..kriuk... (sumber gambar di sini)

Oh yaaa, baru inget (*tepok jidat *jidat yang baca *kalo ada yang baca) kalo sarapan buah dari keluarga melon-melonan kayak semangka, melon, timun suri, baiknya buah-bauh tersebut dikonsumsi eksklusif. Konsumsi eksklusif maksudnya nggak dicampur dengan buah lain. Kalo mau mengkonsumsi buah lain beri jarak waktu sekitar 30 menit.

Kenapa dikonsumsi eksklusif?

Haduh banyak nanya deh. Nggak kenal teknologi yang namanya Google ya? *hush hush

Kalo lagi insap, saya makan sepiring penuh sayuran mentah. Kalo pake protein hewani, menunya ya cuma sayuran mentah, protein hewani, sama sayuran yang udah dimasak. Beneran bisa kenyang lho. Rasanya kenyangnya juga enak, pas gitu di perut. Karena pola makan ini, saya bisa ngerasain bedanya sensasi antara kenyang pola makan food combining dengan kenyang pola makan sebelumnya (pola makan awam). Kalo pola makan sebelumnya, rasa kenyang yang timbul itu rasa kenyang yang melelahkan, bikin lemes, bikin males ngapa-ngapain kalo abis makan. Kalo makan malem 'cuma' protein hewani sama sayur-sayuran, sampe bangun besoknya pun nggak kerasa laper. Yang penting jumlah sayurnya yang banyak.

Kalo makan pake pati, ya dengan berat hati protein hewani yang sedap gurih itu saya ceraikan. Awalnya berat sih, tapi lama-lama jadi biasa. Temen makan nasi ya sayur dan protein nabati seperti tempe, tahu, kacang tanah, dan biji-biji yang lain. *ehm, jangan saru ya.

Nah, kalo udah makan tapi setelah jam 8 malem masih kerasa laper itu gimana?

Itu menandakan tubuh masih kekurangan nutrisi yang seharusnya ia dapatkan. Maka, makanlah dengan baik dan benar :))

Nah itu kalo insap. Kalo lagi nggak tahan godaan, ya kacaulah semuanya nggak sesuai juklak. Saya paling nggak tahan kalo hari utama makan dengan pola food combining (Senin-Jumat) lagi ada yang ngajakin atau malah pengen banget makan bakso dan mie ayam. Apalagi martabak. Huhuhuhuhu... Padahal semua makanan tadi kan udah nggak food combining ya. Bakso itu kan daging dicampur tepung. Martabak juga ada tepung sama telur. Mie ayam? Ya mie ada ayam .___.

Maka dari itu, Senin-Jumat saya berusaha sekuat tenaga buat makan dengan 'bersih'. Sabtu-Minggu ambyar bubar jalan, tapi sarapannya tetep pake buah. Saya pernah nyoba hari Minggu sarapan pake nasi kuning. Waduuuuuuuhhhhhh, perut langsung berontak. Antara begah, mules, pokoknya nggak enak. Tobat deh sarapan nggak pake buah.

Beberapa efek yang saya rasakan setelah menganut pola makan Food Combining ini adalah:

1. Sekarang tubuh jadi cepet bereaksi kalo makan makanan yang nggak seharusnya.
Tauk nih, kok malah jadi nggak asik gini ya. Padahal dulu nggak ada apa-apa tuh kalo makan apapun, serakus apapun. Tapi eh tapi, bisa jadi itu menandakan alarm pengingat di dalam tubuh saya bekerja. Tubuh ngasi tau saya kalo dia nggak suka kalo makanan-makanan jenis nggak seharusnya ini masuk. Pintar ya tubuh manusia itu.

Suatu hari saya makan sate Rembiga (sate daging kuda) dengan nasi. Makan sepuas-puasnya. Besok paginya, sekujur betis saya dipenuhi dengan bentol yang amat sangat gatal. Semakin digaruk bentolnya semakain menyebar. Saya ingat, ini gejala yang dialami suami kalo alerginya kumat. Makanya jika ada reaksi nggak biasa yang saya rasakan, saya langsung mengingat-ingat saya udah makan apa aja.

Sama halnya seperti reaksi yang timbul kalo saya minum kopi. Seteguk aja efeknya kayak mau tumbang. Emang nggak pernah sama sekali nyoba minum kopi dari dulu sih.
 
2. Kegiatan mengunyah jadi lebih lama
Ini terjadi kalo saya mengkonsumsi sayuran mentah. Gigi ini seperti dipaksa untuk bekerja mengunyah sayuran mentah itu dengan baik. Lain halnya jika saya mengkonsumsi nasi. Tekstur nasi yang lembut membuat mulut terbiasa kurang mengunyah bukan? Paling tiga kali kunyah nasi dan teman-temannya langsung ditelan.

Padahal mengunyah makanan itu minimal 30 kali kunyahan. Lha terus kalo nggak dikunyah dengan baik, gimana nutrisi dari makanan bisa terserap optimal di usus? Coba deh praktekin ngunyah minimal 30 kali. Bosen rasanya, hehehehe.... Tapi kalo makan sayuran mentah dalam porsi banyak, dijamin mau nggak mau suka nggak suka mulut ngunyah lebih lama. Bagus kan.

3. Nyadar kalo anggaran buat makan itu sebenernya habis untuk protein hewani
Coba bandingkan harga sekilo wortel dengan harga sekilo daging sapi. Padahal, protein hewani (kalo kembali ke pemahaman food combining) sebenernya nggak dibutuh-butuhin amat sama tubuh. Seperempat kilo daging sapi harganya sekitar 25 ribu. Bayangkan dengan uang 25 ribu kita bisa beli sayur sebanyak apa.

Seperempat kilo daging buat 1 keluarga kecil paling bisa habis dalam 1 hari. Sayur? Bayem buat sekali makan seribu, ntar malem pake kangkung 2 iket seribu, plus lalapan yang paling ngabisin 3 ribu. Sehari sayur cuman 5 ribu doang .___.

Selain itu, karena saya dalam sehari bisa cuma 1 kali makan nasi putih dan jumlahnya juga nggak segila kayak dulu, bisa mengurangi jumlah beras yang dimasak di rumah.

4. Belajar lagi tentang tubuh sendiri dan peran makanan dalam menjaga kesehatan tubuh
Pernah denger quote 'you are what you eat' kan? Nah, dengan belajar food combining lewat Erikar, lebih jauh lagi saya juga belajar tentang gimana penyakit degeneratif bisa terjadi, peran air bagi tubuh (baru tau lho kalo abis makan sebaiknya nggak minum dulu), dan lain-lain. Selain lewat Twitter, saya juga jadi belajar lewat buku-buku tentang food combining, juga buku Hiromi Shinya.

Quote 'you are what you eat' tadi bisa berubah jadi 'you are what your mother eat'. Maksudnya, saya berharap kelak Danisa dan adik-adiknya bisa meniru dan menerapkan pola makan yang sehat. Seenggaknya, sejak kecil anak-anak udah terbiasa melihat dan kenal dengan buah, sayur, lalapan. Itu dulu :)

5. Langsing (baca: kurus)
Kalo menurut sebagian semua orang sih, saya tambah kurus aja setelah makan dengan metode ini. Awal makan dengan food combining secara utuh, berat badan saya sempat anjok ke angka 42 kg. Mungkin cara makan saya yang belum sesuai juklak food combining. Ya masih suka curang di hari utama food combining.

Sekarang berat badan saya berkisar di angka 45 kg. Ini berat badan saya waktu SMA. Semua orang semua saudara semua kerabat semua temen yang kenal deket, kenal agak deket sampe nggak kenal-kenal amat minta saya menaikkan hingga 3 kg lagi agar terlihat berisi. Terus terang saya malas menanggapinya. Yang punya badan kan saya ya. Situ kan cuma ngeliat luarnya doang. Enak aja situ ngatur-ngatur badan saya mau kayak apa. *awas, sebentar lagi bola api akan keluar dari lubang hidung saya

Suami adalah orang yang paling nyinyir tentang hal ini. Beliau selalu mengingatkan saya betapa segar dan cantiknya saya waktu menikah dulu. Waktu itu berat badan saya 48 kg. Tapi dengan perut menggelambir?? Iya waktu itu saya dinilai langsing, tapi perut ini loh menggelambir. Tidak suamiku. Terima kasih.

Lagian, kalo saya perhatiin, artis-artis itu berat badannya paling ya sekitar 45-47 gitu kan. Padahal tingginya minimal 160-165 cm. Nah lagi, di sekitar keluarga didominasi oleh tubuh yang subur. Jadi kali aja saya dianggep kurang gizi. Lah dibandingin sama yang subur-subur sih. *oke ini pembelaan

6. Maag nggak pernah kumat, batuk pilek nggak doyan mampir.
Yesss!! Ini alasan yang selalu saya lontarkan kalo suami mulai melancarkan protes atas berat badan saya. Alhamdulillah saya nggak jadi budak antasida lagi. Yang paling kerasa itu absennya batuk sama pilek. Dulu saya sangat gampang kena batuk pilek. Bisa tiap bulan kali saya kena batuk pilek. Kena ujan dikit batuk. Di rumah ada yang pilek, ikut pilek. Kemarin suami batuk dan pilek. Saya nggak ketularan!!

"Udah, biarin dah istri kakak kurus. Yang penting sehat. Buktinya kakak yang gampang batuk pilek sekarang, saya nggak ketularan kan, nggak kayak dulu.."

Ohya, dulu saya punya keluhan kaki sering kram saat tengah tidur. Nggak tau tuh kenapa. Sekarang setelah saya mempraktekkan makan dengan metode food combining, kram saat tidur itu hilang lenyap. *iklan Tong Fang

Apalagi ya? Rambut rontoknya nggak separah dulu. Jauuhhh lebih baik. Sariawan ogah mampir lagi, dulu bisa sebulan sekali kena sariawan. Trus, kalo ada gejala tenggorokan gatel kayak mau flu gitu, tinggal kencengin lagi food combiningnya plus minum air putih lebih banyak. Bener flunya nggak jadi dateng :))

7. Jadi lebih kritis dengan klaim produk kesehatan dan mitos-mitos seputar kesehatan
Penderita diabetes minum gula jagung? Diabetes dicegah dengan minum gula jagung? Minum produk tertentu buat menurunkan kolesterol? Konsumsi multivitamin untuk meningkatkan daya tahan tubuh? Minum teh hijau buat mencegah kanker? Atau pasti sering denger kalo penderita asam urat nggak boleh makan sayur. Yang lagi mencret atau sakit tipus nggak boleh makan buah?

Dengan belajar food combining, pasti jadi ketawa aja mendengar klaim dan semua mitos yang melarang konsumsi sayur dan buah. Tubuh kita ini didesain dengan canggih oleh Allah swt. Adalah hal yang nggak nyambung kalo berharap pada produk pabrikan untuk menjaga kesehatan tubuh kita sendiri.

Yuk belajar pahami tubuh kita sendiri. Kalo bukan kita yang menjaga, siapa lagi? :)

Trus, biarin deh dibilang kurus. Saya sendiri ngerasain efek enaknya kok :)




9 komentar:

Unknown mengatakan...

hi mb... emang info dr mana klo sate rembige itu daging kuda? hehehee

Unknown mengatakan...

hi mb... emang info dr mana klo sate rembige itu daging kuda? hehehee

Erika Widiastuti mengatakan...

Hi juga.. Itu sih udah jadi rahasia umum :)

ririn sjafriani mengatakan...

Mba Erika mau nanya, kalau awalnya sarapan buah itu apa aja efeknya ya? Aku kok baru seminggu sarapan buah, tapi rasanya badan sakit2 dan pusing. Apa iya semua orang juga ngalamin? Makasih yaa.

Erika Widiastuti mengatakan...

Halo mbak Ririn. Kalo baca-baca di grup FB Food Combining Indonesia, siapa tau gejala tersebut adalah healing crisis. Pastikan saja buah dikunyah dengan benar dan perlahan-lahan, dan bervariasi (nggak itu-itu aja).
Semangat mbak. Just do it and observe. Saya juga masih terus belajar, ada saja ilmu baru dari food combining :)

Unknown mengatakan...

Mbak...salam kenal sblmnya.
aku hr ini agak tersiksa fc nya. Pagi sarbu semangka...trus agak lamaan pidang trus...selang brp lama apel. Jam 12 lebih lunch gado2...br setengah abis perut sdh begah,pengen muntah...kyk org kekenyangan. Tapi setelah bersendawa udh enakan. Ini mlm kejadian lagi,br mkn sop kcg merah wortel dan nasi lgs pgn muntah....knpa ya mbk...apa ini termasuk gejala detoks?terima kasih sblmnya

Erika Widiastuti mengatakan...

Halo mbak Tri, salam kenal juga..

Pidang itu maksudnya pisang ya?

Kalo saya sih, saya hanya memastikan kalo yang saya makan itu sesuai juklak fc, terutama bagian mengunyah dengan baik. Ini yang susah beneeeeerrrrr...

Kadang kalo saya makan buahnya dengan kalap, saya jadi suka agak pusing. Gula darah jadi melonjak kali ya..

Pernah baca dimana gitu, kalo sendawa itu sebenarnya berarti makanan yang masuk tidak dikunyah dengan baik.

Cmiiw..

Sudah coba share di grup FB Food Combining Indonesia belum mbak? Siapa tau disana banyak teman-teman yang punya pengalaman yang sama dengan mbak Tri :)

Yurmawita mengatakan...

Wah.. Terimakasih ya infonya, aku mau coba ah.. Keluhan ku samaan keknya mba, terlalu kurus, mudah batuk flu, suka tertular flu, tenggorokan jg sering gatel abis itu pasti flu,

Anggita mengatakan...

halllo, makasih ya sudah sharing,, sejak saya membaca buku dokter hiromi shinya saya jd tertarik pada foodcombining olehkarena sebab itu mohon bantuannya ya..
saya sdh sedikit sedikit mengoogling tgg foodcombining dan sdh baca buku erikar lebang dan baru beli fc combing bu andang hehehehehe
mohon bantuannya ya maksih